Oktober, 27 2010

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah magelang di lereng sebelah barat dan boyolali di lereng sebelah timur, propinsi jawa tengah dengan ketinggian 3.145 M DPL
Inilah Pendakian Ke-2ku
Perjalanan yang melelahkan namun terbayang denagn keindahan Ciptaan-Mu
Berangkat dari basecamp Selo sabtu jam 15. 20 WIB

Dengan perjuangan, selama kurang lebih 1 jam dari base came akhirnya sampai juga di pos I dog malangan,,, istirahat sejenak sembari menikmati coklat,,,,selama sekitar 5 menitan,,, terus lanjut,,,,,
perlahan lahan meski setiap 5 langkah terhenti sejenak,,, aduh,,, menghemat tenaga
Tak terasa sampai batu tulis / pos III sekitar jam 18.30 WIB. di sambut teman sependakian dari Jakarta yang naik dari pos tekelan pada jum'at kemarin,
Menuju Sabana I sekitar pukul 17.30
disambut pula teman sependakian dari Jogja, dan api unggun bisa menghangatkan badan dari udara dinginnya merbabu

tara,,,,,,,,,,,,,,,,, si cemot....

kami bertiga pun melanjutkan perjalanan menuju sabana II, di temani dinginnya malam dan 1 petroma milik sang pencipta yang begitu indah. begitu indahnya sabana I dan sabana II sejauh mata memandang hamparan rerumputan luas, dengan latar belakang puncak utama, sebelah kanan yang di namakan gunung kukusan,  yang sungguh menawan, sampai tak sabar aq menunggu sang fajar.
Puncak Utama 21. 22 WIB
Wau perjalanan masih belum usai, karna bukan di sini kami berencana untuk mendirikan tenda, kami masih menuju kenteng 9, menuju puncak kenteng 9, kami masih menuruni dan menaiki bukit, dengan terpaan angin yang lumayan kencang,,,

dan akhirnya sampai juga di kenteng 9. kami mendirikan tenda di sebelah kentang 9, udara dingin masih menerpa, indahnya malam itu, setiba di kenteng 9,
rembulan bersinar terang purnama mendekati sempurna, pantulannya sampai ke tanah.,dan bintang-bintangnya.,.,ribuan bertaburan di langit membentuk gugusan yang luar biasa indah.,sejauh mata memandang ke langit.,bintang memenuhi ke mana pandangan kita tertuju...
sungguh indah hidup iniselama kita bisa bersyukur dan menikmatinya,
Sekitar 22.30. usai makan malam, kita menuju peristirahatan di tenda, 03.00 WIB. bangun untuk sholat Isya' menunggu sejenak sholat subuh untuk menghemat persediaan air.

Selepas subuh membuat api unggun dam menyedu kopi dan karna aku kurang cocok dengan kopi, aku memilih minuman cereal,
tak sabar aku menunggu mentari terbit yang begitu indah,,,,, dan inilah hasilnya,,,,,,

dengan latar belakang persiapan munculnya sang fajar

sebelah selatan kenteng 9 kita bisa menikmati indahnya gunung merapi
muncullah sang  surya dengan warna langit keemasan,,,
Subhanallah.....
aku masih bersyukur masih bisa menikmati keindahan alam ciptaanmu ini,
begitu kecilnya aku

Dan  di sinilah malam itu tak sabar aku menunggu datangnya pagi

dan ini ISTNA teman sependakian anak kelas XI SMAN 1 SUKOHARJO

berhenti sejenak melepas lelah sambil makan buah,,,,
melanjutkan perjalan menuju sabana I dan beristirahat sejengak di sabana I sekedah mengisi perut dan menyeduh secangkir kopi untuk ber3, di selingi makan buah ini nih...

permisi mbak mas, om tante, kakek nenek, numpang lewat....

dan perjalanan kami teruskan menuju batu tulis,,,
wah seru,,,, karena jalan berdebu dan otomatis  kaki mudah tergelincir,,,, akhirnya meluncur saja,,, seperti MKKB (Masa Kecik Kurang Bahagia)
dengan berteriak awas,,,, minggir,,, minggir,,,,,, wa,,,,, seperti di woter boom.... :D :D :D harap di maklumi Pemula,,, ^_^
Tiba di bawah batu tulis (Pos III) terhenti sejenak melepas lelah agar nafas dan kaki tidak begitu terfosir wah aku temukan bunga cantik warna kuning tapi hanya sendiri, di sini tenpat aku mendirikan tenda pada pendakian pertamaku, kala itu maklum baru pertama, sangat bersemangat, gak  doyan makan, akhirnya tak sampai di batu tulis harus kakak yang menggendong,,, hemmmm itu kado terindah di lang tahunku April yang lalu, thank my brother,,,,

tak lama kita turun menuju pos II dan merumput, ( menikmati buah ) karena di pos II terdapat lumayan banyak buah yang bisa di makan  di atara puncak, dan sabana, di sini pula aku mulai di gendong :'( di sisni juga terdapat juga banyak kera di jam jam tertentu, dan konon banyak pendaki di buat bingung di tempat ini, karena  begitu banyak jalan setapak bercabang. menikmati buah sambil menikmati perjalanan turun gunung,,,
turun dari pos I aduh perut ini terasa sangat melilit,,, aku percepat langkah kakiku untuk segera sampai di basecam,, aduh,,, tapi tetap saja, aku tak mampu,,,, tetap juga berhenti sejenak,,,
danj akhirnya sampai juga di basecamp, pesan nasi plus a ir hangat untuk mandi, seusai mandi, terus makan,, dan seger banget, istirahat sejenak untuk melepas lelah dan persiapan pulang ke rumah